Tips Meningkatkan Daya Konsentrasi Paling Praktis

Konsentrasi, suatu kata yang berhubungan dengan keadaan, daya pikir, dan perasaan. Konsentrasi sangatlah dibutuhkan dalam berbagai kegiatan, utamanya dalam belajar. Saat kita belajar sesuatu apabila tidak konsentrasi tentunya kita tidak akan bisa menyerap apa yang kita pelajari, dan hasilnya percuma saja anda belajar namun tanpa konsentrasi dalam melakukannya.

Konsentrasi itu adalah soal “kini” dan “disini”, maksudnya adalah bahwa apa yang sedang anda lakukan ditempat tersebut dan pada waktu tersebut, maka sudah seharusnya pemikiran anda juga ada pada situasi tersebut pula.

Konsentrasi juga dapat menjadi penentu kesuksesan kita,bagaimana bisa? Karena dengan konsentrasi seseorang akan lebih fokus pada yang yang dipelajari ataupun yang dikerjakan, ketika anda fokus maka anda akan mudah untuk mencapai suatu keberhasilan.

Seperti contoh, seorang artis saat memerankan adegan film, dia diharuskan mempelajari dan menghafal sript, selain itu dia juga harus menunjukkan karakternya dalam film tersebut, tanpa konsentrasi yang penuh pastilah artis tersebut akan susah dalam menghafalkan script, dan memahami karakter yang seharusnya diperankan dalam film tersebut. Alhasil akan berakibat fatal pada pekerjaannya.

Terkadang perasaan, ataupun masalah yang dihadapi seseorang dapat sekejap menghilangkan konsentrasinya, dan ketika itu terjadi seseorang akan merasa tidak bisa berpuat apa apa dan bingung terhadap apa yang akan ia kerjakan.

Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa meningkatkan daya konsentrasi itu sangatlah penting. Berikut tips bagi anda untuk meningkatkan daya konsentrasi :

  • Luangkan waktu untuk berfikir

Maksunya adalah luangkan waktumu untuk memikirkan, apa yang menjadi penghambat anda dalam melakukan kegiatan, atau permasalahan yang mengganggu anda.ketika anda sudah menemukan sebabnya, maka yakinkan dalam diri anda bahwa anda dapat menyelesaikannya.

  • Aturlah waktu tidurmu (minimal 8 jam dalam sehari)

Istirahat yang cukup, dengan waktu tidur minimal 8 jam perhari, menurut penelitian dapat meningkatkan daya konsentrasi anda.ketika anda cukup beristirahat maka badan akan lebih fit dan segar. Nah badan yang fit dan segar ini dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi anda.

  • Makanlah makanan yang bergizi dengan teratur

Makan makanan bergizi berdasarkan 4 sehat 5 sempurna, terlebih ketika anda mengonsumsi protein yang cukup, ternyata mampu merangsang daya ingat dan meningkatkan konsentrasi.

  • Usahakan agar anda tidak mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan

Hal ini memang dibenarkan, karena terbukti banyak orang yang melakukan banyak hal dalam satu waktu maka pemikirannya akan terbagi bagi sehingga akan susah berkonsentrasi pada satu hal, dan alhasil pekerjaan anda tidak akan selesai dengan cepat.

  • Luangkan waktu untuk refreshing

Meluangkan waktu untuk berrefersing misalkan berwisata, atau sekedar jalan jalan biasa ternyata dapat menyegarkan kembali pikiran anda, sehingga anda akan lebih mudah berkonsentrasi

Meditasi merupakan salah satu cara untuk melatih pikiran kita agar bisa fokus, lebih tepatnya agar pikiran lebih terpusat pada suatu situasi. Sering latihan meditasi membuat anda memiliki daya konsentrasi yang tinggi

selain tips tersebut, satu tips praktis ini juga dapat membantu anda untuk  meningkatkan daya konsentrasi anda, yaitu dengan meningkatkan energi aura/ buka aura. Buka aura ini dapat merangsang cakra ajna anda untuk meningkatkan konsentrasi.