Menguak Arti Tenaga Dalam

kekuatan tenaga dalamSejak Dahulu Tenaga Dalam sudah ada di Indonesia. Bagi masyarakat nama Tenaga Dalam tidak asing lagi karena zaman kerajaan nama Tenaga Dalam sudah dikenal, bahkan Tenaga Dalam banyak dipakai Pendekar untuk menaklukkan musuhnya. Disini akan dibahas lebih lanjut mengenai arti dari Tenaga Dalam dan manfaatnya.

Apakah Tenaga Dalam itu?

Tenaga Dalam adalah Energi alami yang terpancar dari dalam tubuh setiap makhluk ciptaan Tuhan. Istilah Tenaga Dalam mengacu pada penggunaan energi alam semesta yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Misalnya untuk penyembuhan, kecantikan, daya tarik alami, perlindungan diri, keberuntungan, dan masih banyak lagi manfaat lain sesuai kebutuhan manusia.

Mengapa disebut Tenaga Dalam? Disebut Tenaga Dalam karena proses untuk mewujudkannya melibatkan seluruh bagian yang ada dalam diri manusia. Mulai bagian fisik hingga bagian lain yang berada jauh di dalamnya yaitu bagian dimensi jiwa (ruh) dan dimensi pikiran (psikologis). Itulah mengapa tidak banyak orang menguasai teknik Tenaga Dalam. Sebab olah Tenaga Dalam bukan sekedar olah tubuh semata tetapi lebih kepada keseimbangan olah fisik, olah pikiran dan olah jiwa (ruh).

Tenaga Dalam berbeda dengan Tenaga Fisik. Meski keduanya saling melengkapi namun perantara sumber energinya berbeda. Tenaga Fisik atau disebut juga Tenaga Luar merupakan kekuatan manusia yang bisa diukur secara fisik. Sebagai contoh seorang bisa dikatakan mempunyai kekuatan fisik yang kuat bila mampu mengangkat beban tertentu.

Sumber Energi Kekuatan Fisik mengacu pada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, ukuran Tenaga Fisik adalah Kekuatan otot atau seberapa kuat fisik manusia ketika mendapatkan beban. Sehingga bisa diperjelas bahwa Tenaga Fisik hanya terbatas pada daya tampung tubuh terhadap makanan dan minuman yang di konsumsi sebagai energinya.

Berbeda dengan Tenaga Dalam. Sumber Energi Tenaga Dalam tidak terbatas di alam semesta. Bahkan, Energi Tenaga Dalam dapat diproses untuk berbagai macam kebutuhan manusia. Sama halnya dengan Energi Listrik yang berguna bagi kehidupan. Sebagai contoh Energi Listrik bisa diterapakan pada kulkas untuk mendinginkan makanan, magic jar dapat menghangatkan nasi, bila diterapkan pada kipas angin dapat menghasilkan angin, soun system dapat menghasilkan suara dan masih banyak manfaat lainnya.

Tenaga Dalam dan Energi Listrik sama-sama tidak berwujud tapi luar biasa manfaatnya. Jika digunakan dengan benar energi yang dihasilkan dapat berguna untuk berbagai keperluan manusia.