Meditasi – Latihan Ampuh Untuk Membangkitkan Tenaga Dalam Anda

Meditasi tenaga dalamApakah Meditasi itu?

Meditasi adalah Daya pemusatan batin menuju kesempurnaan hidup. Dilakukan dengan duduk bersila dengan konsentrasi disertai aturan tertentu berkaitan dengan olah napas.

Secara umum meditasi diartikan sebagai upaya pengendapan pikiran dan perasaan untuk mencapai titik hening.

Meditasi sama dengan istilah sansekerta “samadhi” yang belakangan oleh lidah indonesia disebut semedi atau semadi. Meditasi berasal dari india dalam istilah Yoga biasa disebut Dyhyana, dari kalangan buddhis yang kemudian dikembangkan oleh para theosofi ke berbagai negara.

Dalam tradisi Cina disebut Siu Lian. Di islam istilah meditasi disebut tafakur atau khalwat. Dan dalam bahasa inggris istilah meditation adalah kata benda sedangkan kata kerjanya meditate yang berarti “to think deeply about something”.

Saat melakukan meditasi berarti anda memberi wakti kepada diri anda untuk rileks, santai beberapa saat, diam, tidak berfikir, tidak tertidur atau bermimpi tetapi merasakan diri sendiri (getaran-getaran tubuh dan apa saja yang sedang dialami tubuh) kosong, hening tapi penuh kedamaian, ketenangan dan kebahagiaan. Jadi secara singkat meditasi dapat didefinisikan sebagai “upaya untuk mencapai relaksasi total”.

Ada 2 langkah dasar menuju meditasi yaitu konsentrasi dan kesadaran. Konsentrasi adalah Usaha untuk memusatkan perhatian pada sebuah titik tertentu. Sedangkan kesadaran adalah sebuah tehnik dimana fikiran mengamati dirinya sendiri.

9 Manfaat Meditasi

Sama halnya dengan Tenaga Dalam. Banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila meditasi dilakukan dengan baik dan teratur. Berikut 7 manfaat meditasi :

  1. Menghilangkan stress
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung
  4. Keseimbangan emosional dan mental
  5. Menyembuhkan Insomnia
  6. Meningkatkan Kesuburan
  7. Melepaskan ketegangan dan relaksasi
  8. Peningkatan kesadaran spiritual
  9. Untuk penyembuhan penyakit jasmani maupun rohani

Ketahuilah kedamaian tidak akan pernah ditemukan diluar tubuh kita. Namun, kedamaian akan ditemukan saat kita belajar mengendalikan tubuh fisik, mental dan emosional kita.

 

Bagaimana Cara Meditasi?

Pertama anda harus menciptakan tempat khusus untuk anda melakukan meditasi. Dimana anda bisa duduk dengan tenang tanpa diganggu orang lain, binatang periharaan atau telpon (sementara waktu putuskan dulu hubungan dengan dunia luar). Untuk menghindari pemborosan energi ke dalam bumi usahakan jangan duduk langsung menyentuh tanah.

Bermeditasilah pada waktu dan tempat yang sama setiap hari. Pagi sebelum matahari terbit atau senja bahkan tengah malam dianggap waktu yang baik untuk meditasi. Melaksanakan meditasi cukup 20 menit sampai 30 menit setiap hari secara teratur maka akan memberikan hasil.

Sikap duduk yang baik adalah bersila, duduk bertumpu pada tumit anda, atau bisa juga dengan berbaring terlentang dengan lurus. Yang penting adalah menjaga tubuh agar tetap lurus dengan tulang punggung (tulang belakang tegak). Lepaskan semua beban dan duduklah dengan rileks tanpa melakukan apapun (dalam keadaan tenang dan hening.

Ingat sebelum melakukan meditasi dianjurkan untuk berdo’a terlebih dahulu kepada Tuhan. Sang pemberi kehidupan.