Kelelawar Masuk Rumah, Pertanda Apakah Itu?

Perilaku hewan dan kehadirannya di sekitar kita menurut orang-orang jaman dulu dipercaya sebagai sebuah pertanda. Pertanda disini bisa banyak hal, misalnya musibah, kecelakaan atau kejadian yang berkaitan dengan si penghuni rumah.

Pada umumnya, pertanda dari hewan liar di alam sering dikaitkan dengan musibah besar yang menimpa suatu daerah.

 

Namun berbeda dengan pertanda kelelawar masuk rumah ini hanya ditujukan bagi penghuni rumah saja. Kelelawar yang sering berkaitan dengan makhluk jahat dan beraura negatif ini dianggap bahwa dia membawa pertanda tidak biasa ketika tiba-tiba masuk ke dalam rumah.

 

Namun sebelum Saya mengulasnya. Saya perlu menyampaikan kepada Anda. Bahwa segala tafsir dari pertanda tersebut, kembali lagi pada diri Anda.

 

Sebagai manusia biasa, sudah sepatutnya kita mengambil hikmah apapun dari suatu kejadian yang tidak biasa. Tidak perlu terlalu membesar-besar suatu kejadian yang datang kepada Anda. Ingatlah, bahwa Tuhan selalu dekat dengan hamba-Nya yang senantiasa waspada dan instropeksi diri.

 

 

Berikut ini saya berikan beberapa ulasan mengenai pertanda kelelawar masuk rumah menurut kepercayaan masyarakat kuno.

 

 

 

 

1. Rumah Memiliki Aura Negatif

 

Mitos pertama yang masih sering dipercaya adalah bahwa rumah yang dimasuki kelelawar ini memiliki aura negatif. Bukanlah pertanda bagi si penghuni rumah akan mendapat kabar baik atau buruk tetapi rumah yang disinggahi terdapat sesuatu yang menarik perhatian kelelawar.

 

Aura negatif pada rumah bisa berasal dari masa lalu yang kelam di dalam rumah itu. Artinya, kelelawar yang masuk ke dalam rumah menganggap bahwa rumah itu adalah sarangnya dan tidak dipandang sebagai hunian manusia. Penafsiran ini menurut budaya hindu yang terbawa dan berkembang di masyarakat hingga kini.

 

Tentu saja ini bukan hal baik bagi penghuni rumah, karena hunian seseorang harus memiliki aura positif supaya penghuninya hidup dalam aura yang positif.

 

 

2. Pertanda Baik Bagi Penghuni Rumah

 

Mitos kedua ini berbeda dari mitos kelelawar masuk rumah pada umumnya. Masyarakat jawa dengan kitab primbonnya justru menafsirkan bahwa hewan yang aktif di malam hari ini sebagai pertanda baik untuk si penghuni rumah. Itu pun jika kelelawar masuk dan terbang mengitari ruangan di dalam rumah berputar searah jarum jam.

 

Selain itu, jika kelelawar terbang di dalam rumah berlawanan dengan arah jarum jam, itu artinya penghuni rumah akan mendapat rezeki dalam berbagai hal dan cara yang tidak terduga.

 

3. Pertanda Buruk Bagi Penghuni Rumah

 

Mitos yang ketiga ini datang dari fengshui yang hampir sama seperti penafsiran budaya Hindu. Menurutnya, kelelawar masuk rumah membawa aura buruk bagi penghuni rumah. Apabila kalong atau kelelawar masuk ke dalam rumah, penghuninya akan mengalami kehidupan yang kurang baik.

 

Hal buruk misalnya seperti mudah sakit, sering mendapat masalah hidup, rezeki yang terasa seret, sering kemalingan atau ketimpa kesialan lainnya. Sehingga permasalahn ini membuat penghuninya tidak betah tinggal di rumahnya itu.

 

Satu catatan dari Saya. Bahwa Segala hal termasuk baik, buruk, ujian dan cobaan adalah rahasia sang illahi. Kita hanya perlu berusaha dan mendekatkan diri kepada-Nya supaya diberi perlindungan dan pertolongan.