Apakah Tenaga Dalam Dan Tenaga Fisik Saling Terkait?

Tenaga Dalam dan Tenaga Fisik saling melengkapi. Tidak ada kekuatan Tenaga Dalam yang kuat tanpa disertai Kekuatan Fisik yang kuat. Begitu juga sebaliknya, Kekuatan Fisik yang kuat bersumber dari kekuatan Tenaga Dalam yang sama kuat. Perguruan Tenaga Dalam yang ada di Indonesia banyak menyandingkan Olah Fisik dengan Kekuatan Tenaga Dalam. Misal menggabungkan antara Bela Diri dengan Tenaga Dalam.

Pada hakikatnya Tenaga Dalam adalah Energi Kehidupan. Sedangkan Energi Kehidupan berkaitan dengan Pernapasan. Manusia bisa bertahan 1 hari tanpa makan dan minum tetapi manusia tidak akan dapat bertahan 1 menit tanpa bernapas. Jadi, bukan hanya diperlukan bagi penguasaan ilmu Tenaga Dalam saja namun Pernapasan adalah hal vital yang dibutuhkan makhluk hidup.

Secara Fisik Pernapasan diartikan sebagai Proses penghirupan udara (oksigen) ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara (karbondioksida) dari dalam tubuh. Sedangkan secara non fisik Pernapasan merupakan proses penyerapan energi kehidupan (bio energi) dari alam semesta kemudian disalurkan ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh, pikiran dan jiwa tetap hidup.

Dalam olah Tenaga Dalam Pernapasan tidak hanya menghimpun energi alam semesta tetapi juga untuk mengolah dan mentransfer energi tersebut agar mempunyai daya yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan. Dengan memahami Tenaga Dalam manusia dapat memahami betapa besar Kekuatan Tuhan. Dibalik alam semesta yang luas ini ada hal besar lainnya yang dapat kita manfaatkan dengan baik.

Kita harus mensyukuri karena apa yang kita tangkap dengan panca indera kita hanya sebagian kecil dari kekuasaanNya. Melalui Tenaga Dalam pula manusia belajar betapa kecil manusia dihadapan Tuhan. Setiap tarikan napas dapat diperoleh secara gratis. Manusia juga tidak berdaya tanpa udara yang dapat dimanfaatkannya agar mampu bertahan hidup. Ini mengajarkan betapa pemurah Tuhan kepada manusia.