7 Trik Meningkatkan Kinerja Memori Otak Anda

brainSebuah memori yang kuat tergantung pada kekuatan dan vitalitas energi otak Anda.

Apakah Anda seorang Mahasiswa yang akan mengikuti ujian akhir, atau seorang karyawan dengan rutinitas yang sangat sibuk, atau Anda seorang trainer yang akan bertemu dengan para klien. Pasti anda harus melakukan banyak persiapan agar berhasil.

Berikut yang dapat anda lakukan agar kinerja memori otak meningkat :

1. Ulangi

Salah satu cara emas dalam meningkatkan memori adalah ulangi, ulangi, dan ulangi. Otak juga menangani hal-hal yang baru, sehingga mengulangi sesuatu dengan cara yang berbeda akan membantu Anda membangun kenangan yang lebih kuat. Anda bisa melakukan contoh seperti ini :

Mengambil catatan, lalu mengulang nama setelah Anda mendengar untuk pertama kalinya, dan mengulangi atau parafrase apa seseorang mengatakan kepada Anda.

2. Mengatur

Dalam menentukan sebuah janji, Anda bisa menggunakan kalender pada ponsel atau membuat beberapa catatan pendek agar Anda mudah untuk mengingatnya. Menuliskan dan mengorganisir informasi akan memperkuat memori Anda.

–          Cobalah mencatat percakapan, pikiran, dan pengalaman

–          Letakkanlah catatan Anda apabila tidak menggunakan ponsel pada tempat-tempat atau ruang yang sering Anda kunjungi

3. Visualisasikan

Belajar mengingat wajah dan nama adalah hal yang sangat sulit bagi kebanyakan orang. Selain mengulangi nama, Anda juga dapat menggabungkan nama dengan wajah. Visualisasi memperkuat memori Anda, sebagai contoh :

Menggabungkan nama Sandy dengan gambar pantai, dan bayangkan Sandy di pantai.

4. Isyarat

Ketika Anda mengalami kesulitan untuk mengingat kata atau sesuatu, Anda dapat isyarat tersendiri dengan memberikan rincian terkait disekitar kata, nama, atau fakta. Cara praktis lain untuk isyarat meliputi :

Menggunakan alarm untuk mengingat janji atau tugas yang akan Anda kerjakan.

5. Buat kelompok

Hal sepele yang sering Anda abaikan adalah meletakkan atau menyimpan sesuatu dengan berdasarkan kelompok atau kategori. Hal ini akan memudahkan Anda pada saat terburu-buru dalam mencari sesuatu. Anda tentu tidak ingin melakukan kesalahan kepada orang lain hanya karena salah memberikan pesanan, mengucap, atau mengirim pesan.

6. Memulai dengan huruf abjad

Anda sering merasa kesulitan saat menghafalkan kata atau sesuatu, yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengulang huruf abjad dengan kata atau sesuatu yang berkaitan. Semakin Anda mengingat dengan huruf abjad akan mudah teringat akan hal-hal yang Anda cari.

7. Mengunakan Media Kristal Energi Cakra Ajna

Untuk meningkatkan kinerja otak, Anda mungkin secara tidak sengaja telah melakukan dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Walau begitu memori adalah bagian dari cakra ajna, area kepala yang menaungi memori manusia juga dinaungi cakra ajna. Oleh karea itu dibutuhkan kinerja cara ajna yang baik.

Dengan menggunakan Kristal Aktivasi Cakra Mata Ketiga kinerja memori otak Anda akan meningkat. Tidak hanya itu saja, Anda akan merasakan keseimbangan dalam jiwa, hati, dan pikiran.