5 Trik Mudah Agar Anda Dapat Mendapatkan Hasil Maksimal dari Meditasi Cakra

5 Trik Mudah Agar Anda Dapat Mendapatkan Hasil Maksimal dari Meditasi Cakra

Dalam emalkukan meditasi, terutama meditasi cakra, rileks adalah kuncinya. Jika kondisi tersebut sudah terpenuhi, maka Anda bisa memulai menyelaraskan gelombang energi pada diri Anda.

Akan tetapi, jika Anda belum juga mencpaai kondisi rileksasi yang optimal, maka Anda pun akan kesulitan mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan meditasi cakra.

Berikut ini trik agar mudah mendapatkan hasil yang maksimal ketika Anda melakukan meditasi cara.

  1. Hilangkanlah Tekanan Pada Diri Anda

Ketegangan pikiran adalah musuh paling utama dalam melakukan meditasi. Pada saat meditasi, tubuh Anda haus bendar-benar dalam kondisi rileks. Untuk menghilangkan ketegangan, Anda tidak harus fokus pada satu pikiran tertentu.

Anda bisa melakukan teknik scanning pikiran, yaitu dengan membiarkan pikiran Anda bebas dan membiarkan begitu saja gambaran-gambaran apapun yang muncul di dalam pikiran Anda.

Untuk melakukan hal ini, bernafaslah pelan-pelan sehingga antara pernafasan satu dengan pernafasan berikutnya tanpa ada tekanan.

 

  1. Lakukan dengan Mata Tertutup

Ketika mata terbuka, maka pikiran akan mudah terganggu oleh apa yang Anda lihat. Pada beberapa orang yang memiliki daya kritis alami, apa yang dilihatnya akan dipikirkan terus-menerus di dalam kepalanya.

Oleh karena itu, dengan menutup mata akan mengurangi masukan otak yang tidak kita inginkan. Dengan menutup mata saat meditasi, maka akan menghilangkan sekitar 80% gangguan dari luar pikiran Anda.

 

 

  1. Count Down (Menghitung Mundur)

Untuk melakukan hitung mundur, cukup dibaynagkan di dalam pikiran, tidak perlu diucapkan angkanya. Bisa dimulai dari angka 20,50, atau 100.  Setiap Anda menghitung mundur, tanamkan pada diri Anda. Bahwa semakin Anda menghitung maka Anda semakin rileks.

Dianjurkan bagi Anda, untuk menghitung mundur lakukan dengan contoh seperti ini.

 

“Sepuluh, Saya semakin rileks setiap saya menghitung mundur. Sembilan, pad ahitungan nol diriku benar-benar santai. Delapan, pikiran dan tubuh Saya benar-benar santai pada hitungan nol.”

 

Dan seterusnya.

 

 

  1. Lemaskan Tubuh Saat Merasa Tegang

Ada kalanya, pada bagian tubuh Anda merasakan kurang nyaman dan terasa sedang menahan beban/sesuatu.

Jika Anda merasa, kaki, lengan, leher atau bagian lain dari tubuh Anda terasa begitu teganng. Maka lemaskanlah perlahan-lahan. Untuk melakukan hal ini, duduklah senyaman mungkin. Pastikan pakaian yang Anda pakai pun membuat Anda nyaman.

Jika telah mendapatkan posisi duduk yang nyaman, Anda bisa mengizinkan anggota tubuh Anda untuk masuk dalam kondisi nyaman. Misalnya, ucapkanlah dalam pikiran:

“Saya izinkan, kepala Saya dalam kondisi paling nyaman. Dalam hitungan mundur kepala Saya terasa semakin nyaman, 5, 4, 3, 2, 1”

Ke bagian leher.

“Saya izinkan, leher Saya dalam kondisi paling nyaman. Dalam hitungan mundur leher Saya terasa semakin nyaman, 5, 4, 3, 2, 1”

Seterusnya, lakukan hingga pada bagian tubuh paling bawah yaitu kaki.

 

 

  1. Bayangkanlah Situasi Paling Santai

Dengan berpikir tentang tempat dimana biasanya Anda bersantai dan merasakan rileks, adalah cara pintas agar Anda mampu dalam kondisi rileks. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menipu tubuh dan pikiran, agar menjadi santai dengan sendirinya.